Konspirasi Sains Modern Terbesar ?

7 Komentar

Sebenernya berita ini udah agak lama, tapi mungkin ada sebagian yang baru denger, buat yang udah tau ga da salahnya  baca2 lagi 😀

Bagi yang mengikuti isu tentang pemanasan global mungkin engga akan asing mendengar nama Al Gore, ya dia adalah seorang pria yang menerima penghargaan Oscar atas film dokumentasi yang berjudul An Inconvient Truth, sekaligus menerima pengahargaan Oscar atas film yang dibuatnya..Dia juga seorang pria pemimpin gerakan isu pemanasan global di dunia barat yang menyuarakan bahwa manusia telah menjadi tokoh utama dibalik pemanasan global.

Sejak beredarnya film tersebut, mata dunia seakan ‘terbuka’. Manusia merasa menjadi aktor dibalik hilangnya bongkahan-bongkahan es di kutub, dan pemeran utama dibalik bencana-bencana alam yang timbul. Semua orang yang menyaksikan bagaimana piawainya Al Gore mendokumentasikan film tersebut, akan mengatakan“ternyata manusia yang menghancurkan alam..”Di film itu hanya menunjukkan bagaimana gunung-gunung es itu mulai runtuh, lalu diberikan gambaran bagaimana asap-asap rumah industri dan pengaruhnya terhadap mencairnya gunung es itu kemudian bagaimana hubungannya dengan bencana alam lainnya. Lagi

Iklan

Richard Stallman, Seorang “Gembel” Penemu Open Source

12 Komentar

Tanpa Stallman dan gerakan GNU-nya mungkin Linux tidak akan menjadi seperti sekarang ini.Pria dengan sorot mata yang tajam ini salah satu aktivis yang menyerukan kemerdekaan piranti lunak.Richard Stallman,adalah salah satu dari gerombolan programmer di Massachusets Institute of Technology (MIT) yang dikenal sebagai hacker.Kelompok ini adalah penghuni laboratorium Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) di MIT yang kerap bekerja di depan komputer hingga berhari-hati demi menghasilkan sebuah piranti lunak,hacker dalam arti yang murni.

Karya paling fenomenal dari hacker yang punya julukan RMS ini adalah GNU,yaitu sebuah proyek yang pada awalnya berusaha menghasilkan sistem operasi mirip Unix dengan nama GNU (singkatan berulang dari GNU’s Not Unix).GNU melahirkan banyak proyek piranti lunak merdeka,yang di kemudian hari akan bergabung dengan kernel Linux utuk menjadi sebiah piranti lunak komplit.Namun tonggak GNU adalah lisensi yang bernama GNU General Public License, dokumen legal ini memungkinkan seorang penulis piranti lunak untuk memerdekakan kode penyusun piranti lunak yang disusunnya,sebuah tindakan yang populer dikaitkan dengan Open Source tapi oleh Stallman lebih suka disebut sebagai FreeSoftware.Dengan GPL piranti lunak yang disusun bisa dimodifikasi oleh orang lain dengan syarat hasil modifikasi dikembalikan ke penulis awal serta dimerdekakan di bawah GPL.Sebenarnya GPL merupakan cara penulis piranti lunak untuk menegakkan hak cipta mereka.Lisensi ini memungkinkan penulis mengambil hak cipta mereka lalu memerdekakannya.berbeda dengan melepas sebuah karya ke ranah umum yang akan meniadakan hak cipta seorang penulis. Lagi

Hollywood Hacker: Tipuan Layar Perak

7 Komentar

Jangan percaya dengan semua yang Anda lihat.Apalagi jika Anda melihatnya dalam sebuah film.Selama bertahun-tahun Hollywood ikut membantu mengacaukan citra hacker di masyarakat.Berbagai kekeliruan dan keganjilan mereka tampilkan saat menggambarkan hacker dilayar perak,namun beberapa hal tidak bisa dipungkirimerupakan sesuatu yang dekat dengan kenyataan.Bagaimana interpretasi Hollywood terhadap hacker?

1.Wargames (1984) Sebuah film yang menggambarkan bagaimana seorang remaja bisa mengendalikan misil nuklir Amerika Serikat melalui komputernya di rumah.Anak muda itu berpikir ia sedang mengendalikan sebuah game,Cerita dalam film ini sering disebut-sebut terispirasi dari Kevin Mitnick.Pada kenyataannya film ini dibuat sebelum nama Mitnick melambung,penulis dan sutradaranya bahkan tidak mengenal nama Mitnick saat membuat film ini.

2. Sneakers (Universal Pictures/1992) Sekelompok orang kerap disewa sebagai pembobol sistem keamanan di sebuah gedung.Teknik yang digunakan mirip dengan yang digunakan hacker,termasuk menyadap telepon.Seorang tokoh bernama Whitsler bisa jadi terinspirasi oleh Joe Engressia.

3. Hackers(MGM/1995) Angelina Jolie berperan dalam film ini sebagai cewek seksi yang juga gemar membobol komputer.Ia dan kelompoknya kemudian terjebak dalam konspirasi kotor seorang ’konsultan keamanan’.Film ini penuh dengan kekonyolan seperti tampilan database sebagai gedung-gedung dan virus yang memiliki wujud animasi.Semua itu,menurut para pembuatnya dilakukan agar film memiliki efek dramatis.Di sisi lain,komunitas hacker kerap meledek film ini.Satu hal yang menarik adalah digambarkannya virus bernama Cookie Monster yang bisa dihentikan dengan mengetikkan kata Cookie pada keyboard,virus seperti itu konon sungguh-sungguh pernah ada. Lagi

Karakteristik Sistem Komunikasi Bergerak

Tinggalkan komentar

Di sini gw mau ngejelasin secara umum karakteristik dari Sistem Komunikasi Bergerak (selular). Karakteristik ini juga yang membedakan sistem konvensional dengan sistem selular.

1. Pengulangan frekuensi

Kalo dulu jamannya masih pake fixed telepon kita engga bisa pake frekuensi yang lagi digunain ama si pelanggan lain, jadi kita harus pake frekuensi yang berbeda, konsekuensinya apa dong ? jelas boros dalam penggunaan spektrum frekuensi itu sendiri. Nah kalo sekarang dengan teknologi seluler kita bisa pake frekuensi yang lagi digunain ama orang lain dalam waktu yang sama, wow ! tentunya dengan memperhatian syarat-syarat yang berlaku juga. Biar mempermudah liat gambar deh, ada bentuk 3 hexagonal gtu kan, itu merupakan wilayah-wilayah yang dibagi-bagi lagi kedalam wilayah-wilayah kecil yang terdiri dari BTS yang disebut sel. Trus ada tulisan sel 1, sel 2 ampe sel 7, itu sebenernya hanya penamaan aja jadi bisa kita ganti pake A, B, dan seterusnya. Gunanya buat apa ? jadi nanti setiap pelanggan yang berada di dalam sel 1 dapat menggunakan frekuensi yang sama dengan pelanggan lain yang juga berada di wilayah sel 1 dalam wilayah yang berbeda ( dalam 1 hexagonal yang lain ),  begitu juga pelanggan yang sedang berada di wilayah sel 2, sel 3 dan seterusnya. Lagi

Network Interface Card ( NIC )

4 Komentar

Network Interface Card ( NIC ) atau kartu jaringan merupakan syarat utama yang harus dimiliki oleh setiap komputer agar dapat terhubung dengan jaringan. Setiap NIC dalam sebuah komputer akan memabaca setiap data yang diterima, kemudian memeriksa alamat tujuan tersebut, lalu menetapkan apakah data yang diterima memang ditujukan untuk komputer tersebut atau engga. Jika iya, maka data akan diteruskan ke komputer untuk selanjutnya diolah oleh prossesor komputer. Namun jika tidak , maka data akan ditolak mentah-mentah ( lebay,,hehe ) dan tidak akan diteruskan atau diolah. Analoginya NIC itu seperti penerima surat di sekolah ( kalo engga ada tukang penerima surat, bisa diganti ama satpam ), misalnya ada surat datang dan memang ditujukan untuk sekolah tersebut, maka surat akan diterima dan diberikan kepada kepala sekolah, namun kalo surat tersebut salah alamat maka surat tersebut akan dikembalikan dan tidak akan diberikan kepada kepala sekolah. Lagi

Teknologi Jaringan WiMax

3 Komentar

Mungkin kita sudah engga asing lagi mendengar istilah WiFi, yaitu suatu teknologi jaringan internet tanpa kabel ( nirkabel ) yang biasa di pasang di area kampus, kafe-kafe , rumah makan atau tempat-tempat lain, atau kita lebih biasa medengarnya dengan istilah hotspot, WiFi ini hanya dapat menjangkau daerah sekitar 9 km. Teknologi berikutnya yang sedang dikembangkan yaitu WiMax yang disebut-sebut sebagai tahap pengembangan dari WiFi, seperti apa si  teknolgi WiMax tersebut? Yu mari.. Lagi

Software Buat Belajar Jaringan Komputer

Tinggalkan komentar

Tertarik ama yang namanya jaringan komputer ? ato sekarang lagi belajar jaringan komputer ? nah buat kalian yang emang tertarik kalian harus punya deh ni software,,nama software nya…Taraa !! “ Packet Tracer “ selain gratis ( wah langsung senyum.) software ini juga mempunyai berbagai macam kelebihan. Software ini dapat digunakan untuk membuat simulasi jaringan. Software ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang intens dalam masalah jaringan yaitu Cisco ( pada tau kan ). Packet tracer ini juga memiliki 2 versi yaitu portable ( engga perlu di install sekitar 32 Mb ) dan satu lagi yang versi lengkap ( sekitar 95 Mb ). Packet tracer ini juga dilengkapi ama tutorial yang ngebantu banget loh,,

Nah dengan software ini kita engga harus punya semua alat yang diperlukan dalam membuat sebuah jaringan komputer kayak router, switch, hub, kabel-kabel dan masih banyak lagi yang mungkin harganya terlalu mahal untuk seorang pelajar ato mahasiswa kaya loe, eh kaya gw maksudnya,hehe..Nah kebayang kan kalo kita pengen coba-coba menghubungkan 2 atau 3 komputer tapi kita cuman punya 1 komputer, kasian banget kan,,kekeke..

Ada baiknya jika loe punya dasar tentang jaringan sebelum menjalankan packet tracer ini, ya minimal tentang IP address atau ditambah subnetting juga deh biar lebih mantep..software ini bisa di cari di google ( cari sndiri aja ya gw lupa link nya )

Mungkin ada beberapa bagian yang bakal gw bahas mengenai penggunaan packet tracer ini, tunggu postingan berikutnya aja ya..:)

So,,selamat belajar jaringan computer..

Older Entries