Router yaitu alat yang digunakan untuk menghubungkan dua buah jaringan yang berbeda, jadi kalo kita ingin menghubungkan komputer A yang berada di jaringan 1 dengan komputer B yang berada di jaringan 2 maka kita membutuhkan router. Router memiliki dua buah alamat IP, yaitu alamat IP yang berhadapan dengan jaringan komputer kita dan alamat IP yang berhadapan dengan jaringan komputer lain.

Router berbeda dengan hub atau switch yang menjadi perbedaan mendasar yaitu router lebih “pinter”, maksudnya ketika kita melewatkan suatu paket data maka router udah tau jalan mana yang paling baik untuk dilalui, dan komputer mana yang menjadi tujuannya. Berbeda dengan hub kalo hub ketika melewatkan suatu paket data dia mengecek alamat komputer satu-persatu apakah cocok dengan alamat tujuan dia ato engga ( lama kan ), nah kalo router itu dia udah tau alamat yang menjadi tujuan dari komputer sebelumnya, jadi engga usah dicek satu-satu alamat tiap komputer. Gampangnya si router ini udah tau situasi dari jaringan yang ada baik alamat tiap-tiap komputer, jalur mana yang tidak padat juga alamat router lain jika ada. Router juga dapat  menterjemahkan informasi diantara jaringan LAN  dengan Internet. Dengan begitu router dapat  mencarikan jalur yang terbaik untuk mengirimkan data melewati internet.

Router ini ada yang emang bener-bener berfungsi sebagai router ( berupa sebuah handset router, kaya gambar di atas ) dengan sistem operasinya sendiri, tapi ada juga berupa PC yang dijadikan atau dikonfigurasi sebagai router contohnya dengan menggunakan sistem operasi mikrotik yang sekarang banyak digunakan.

Iklan