Sebelumnya gw minta maaf karena harusnya pengertian teknologi telekomunikasi ini dijelasin lebih awal tapi engga apa-apa deh daripada engga sama sekali,,hihi..selamat membaca..

Telekomunikasi berasal dari dua kata yaitu kata “ tele “ dan “ komunikasi “, tele artinya jauh, sedangkan arti komunikasi adalah perpindahan informasi dari sumber ke penerima termasuk percakapan antar manusia dengan medium udara. Nah karena komunikasi adalah perpindahan informasi dari sumber informasi ke pihak penerima, maka tentunya akan berhubungan dengan hal-hal yang berkenaan dengan pengirimaan (sending), penerimaan (receiving) dan pemrosesan (processing) dari informasi menggunakan perangkat listrik. Jadi kalau kita gabungkan arti dari kata-kata telekomunikasi dengan teknologi itu sendiri dapat diartikan sebagai sebuah proses pengiriman, penerimaan dan pemrosesan informasi jarak jauh sampai ketujuan dengan menggunakan perangkat listrik tepatnya elektronik, sehingga kata telekomunikasi biasanya mengacu pada komunikasi elektronik jarak jauh.

Nah gambar di atas merupakan gambaran singkat bagaimana informasi dari satu pengirim dapat sampai ke penerima atau biasa juga disebut dengan model komunikasi, kita bahas dikit ya.

Source ( sumber informasi ) yaitu perangkat komunikasi yang dapat menghasilkan pesan yang akan disampaikan ketujuan, misalnya telepon, perangkat komunikasi radio, atau komputer. Sumber informasi menghasilkan pesan yang akan dikirim. Dalam ruang lingkup komunikasi elektronik, informasi dinyatakan dengan sinyal listrik berbentuk gelombang sinus/cosines

Pemancar (Transmitter) yaitu sebuah perangkat komunikasi yang dapat menyalurkan sumber informasi ke sistem komunikasi.Pemancar melakukan proses modulasi, yaitu menitipkan pesan pada sinyal pembawa (carrier) agar proses komunikasi dapat berjalan dengan baik. Dalam dunia telekomunikasi yang menggunakan udara maka istilah transmitter dikenal dengan nama pemancar, yang akan memancarkan sumber informasi dari mikropon ke media komunikasi yang berupa gelombang elektromagnetik.

Sistem transmisi ini dapat berupa saluran atau media komunikasi, dengan menggunakan saluran ini informasi disalurkan sehingga dapat berhubungan dengan para pengguna telekomunikasi yang lain, contoh dari saluran atau media komunikasi adalah udara, kawat atau fiber optic

Penerima (receiver) melakukan demodulasi yaitu mengambil kembali pesan yang dititipkan pada sinyal pembawa. Setelah diterima oleh rangkaian penerima maka sinyal tadi akan sampai pada tujuan sehingga proses komunikasi jarak jauh akan sampai dan sinyal isyarat yang dikirimkan akan dimengerti oleh tujuan.

Singkatnya kalo mau berlangsung suatu hubungan komunikasi jarak jauh maka harus ada si pengirim informasi, si pemancar informasi tersebut, lalu melalui apa si informasi tersebut dikirim, dan akhirnya ada si penerima informasi tersebut.

Semoga bermanfaat..

Sumber: Pengantar Telekomunikasi, Uke Kurniawan

Iklan