Router

7 Komentar

Router yaitu alat yang digunakan untuk menghubungkan dua buah jaringan yang berbeda, jadi kalo kita ingin menghubungkan komputer A yang berada di jaringan 1 dengan komputer B yang berada di jaringan 2 maka kita membutuhkan router. Router memiliki dua buah alamat IP, yaitu alamat IP yang berhadapan dengan jaringan komputer kita dan alamat IP yang berhadapan dengan jaringan komputer lain.

Router berbeda dengan hub atau switch yang menjadi perbedaan mendasar yaitu router lebih “pinter”, maksudnya ketika kita melewatkan suatu paket data maka router udah tau jalan mana yang paling baik untuk dilalui, dan komputer mana yang menjadi tujuannya. Berbeda dengan hub kalo hub ketika melewatkan suatu paket data dia mengecek alamat komputer satu-persatu apakah cocok dengan alamat tujuan dia ato engga ( lama kan ), nah kalo router itu dia udah tau alamat yang menjadi tujuan dari komputer sebelumnya, jadi engga usah dicek satu-satu alamat tiap komputer. Gampangnya si router ini udah tau situasi dari jaringan yang ada baik alamat tiap-tiap komputer, jalur mana yang tidak padat juga alamat router lain jika ada. Router juga dapat  menterjemahkan informasi diantara jaringan LAN  dengan Internet. Dengan begitu router dapat  mencarikan jalur yang terbaik untuk mengirimkan data melewati internet. Lagi

Iklan

Network Interface Card ( NIC )

4 Komentar

Network Interface Card ( NIC ) atau kartu jaringan merupakan syarat utama yang harus dimiliki oleh setiap komputer agar dapat terhubung dengan jaringan. Setiap NIC dalam sebuah komputer akan memabaca setiap data yang diterima, kemudian memeriksa alamat tujuan tersebut, lalu menetapkan apakah data yang diterima memang ditujukan untuk komputer tersebut atau engga. Jika iya, maka data akan diteruskan ke komputer untuk selanjutnya diolah oleh prossesor komputer. Namun jika tidak , maka data akan ditolak mentah-mentah ( lebay,,hehe ) dan tidak akan diteruskan atau diolah. Analoginya NIC itu seperti penerima surat di sekolah ( kalo engga ada tukang penerima surat, bisa diganti ama satpam ), misalnya ada surat datang dan memang ditujukan untuk sekolah tersebut, maka surat akan diterima dan diberikan kepada kepala sekolah, namun kalo surat tersebut salah alamat maka surat tersebut akan dikembalikan dan tidak akan diberikan kepada kepala sekolah. Lagi

Software Buat Belajar Jaringan Komputer

Tinggalkan komentar

Tertarik ama yang namanya jaringan komputer ? ato sekarang lagi belajar jaringan komputer ? nah buat kalian yang emang tertarik kalian harus punya deh ni software,,nama software nya…Taraa !! “ Packet Tracer “ selain gratis ( wah langsung senyum.) software ini juga mempunyai berbagai macam kelebihan. Software ini dapat digunakan untuk membuat simulasi jaringan. Software ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang intens dalam masalah jaringan yaitu Cisco ( pada tau kan ). Packet tracer ini juga memiliki 2 versi yaitu portable ( engga perlu di install sekitar 32 Mb ) dan satu lagi yang versi lengkap ( sekitar 95 Mb ). Packet tracer ini juga dilengkapi ama tutorial yang ngebantu banget loh,,

Nah dengan software ini kita engga harus punya semua alat yang diperlukan dalam membuat sebuah jaringan komputer kayak router, switch, hub, kabel-kabel dan masih banyak lagi yang mungkin harganya terlalu mahal untuk seorang pelajar ato mahasiswa kaya loe, eh kaya gw maksudnya,hehe..Nah kebayang kan kalo kita pengen coba-coba menghubungkan 2 atau 3 komputer tapi kita cuman punya 1 komputer, kasian banget kan,,kekeke..

Ada baiknya jika loe punya dasar tentang jaringan sebelum menjalankan packet tracer ini, ya minimal tentang IP address atau ditambah subnetting juga deh biar lebih mantep..software ini bisa di cari di google ( cari sndiri aja ya gw lupa link nya )

Mungkin ada beberapa bagian yang bakal gw bahas mengenai penggunaan packet tracer ini, tunggu postingan berikutnya aja ya..:)

So,,selamat belajar jaringan computer..

Definisi, Manfaat dan Komponen Jaringan Komputer

Tinggalkan komentar

Tadinya gw ga akan ngebahas apa itu jaringan komputer, karena gw yakin kalian dah sering banget ngedenger kata ini, tapi engga apa-apa lah buat sekedar mengingat-ingat dan buat kalian yang baru tertarik ama yang satu ini. Yu mari…

Jaringan komputer yaitu suatu sistem yang menghubungkan komputer ama komputer lain menggunakan suatu teknologi transmisi data.  Sederhananya, jaringan komputer diartikan sebagai kumpulan, beserta mekanisme dan prosedurnya yang saling terhubung dan dapat saling berkomunikasi. Komunikasi yang dilakukan ama komputer tersebut dapat berupa transfer berbagai data, intruksi, ataupun informasi dari satu komputer ke komputer lainnya. Lagi

Alamat IP

Tinggalkan komentar

Untuk lebih memahami konsep Alamat IP, ibaratkan sebuah komputer seperti sebuah rumah. Setiap rumah memliki alamat rumah. Misalnya rumah si A terletak di Jl. Aceh No. 19 Bandung. Jika kita ingin mengirim surat ke si A maka harus dialamatkan ke Jl. Aceh No. 19 Bandung ( ya iya lah,,hehe ) Sebaliknya, jika si A ingin mengirim surat, maka harus diberi keterangan pengirimnya pula yaitu dengan alamat Jl. Aceh No. 19 Bandung.

Sebagaimana rumah kita, komputer yang terhubung dalam jaringan juga memiliki alamat.  Alamat komputer dinamai Alamat IP atau IP Address yang bersifat  unik, artinya tidak diperbolehkan ada alamat sama di dalam suatu wilayah jaringan. Alamat IP terdiri dari 32 digit bilangan biner yang dibagi menjadi 4 bagian, setiap bagian terdiri dari 8 bit. Setiap bagian dipisahkan oleh tanda titik (.), contoh alamat IP : 11000000.10101000.00000000.01000000. Jika kita perhatikan alamat IP  tersebut sangat panjang dan sulit dihafal ( coba aja hafalin ) nah untuk memudahkan pengguna dalam mengingat alamat IP, maka bilangan-bilangan biner tersebut diubah menjadi bilangan desimal, kalau alamat di atas dirubah ke dalam bentuk desimal maka alamat IP nya menjadi 192.168.0.64 ( caranya engga dibahas di sini, sabar y ).

Protokol

Tinggalkan komentar

Dalam belajar jaringan komputer pasti kita akan sering mendengar istilah protokol, apa sih sebenarnya makhluk bernama protokol tersebut?

Menurut bahasa resminya protokol yaitu seperangkat alat shalat,,eh maksudnya seperangkat kesepakatan aturan yang mengatur format, bentuk, serta aksi-aksi yang perlu dilakukan terhadap pesan atau data yang dikirim melalui jaringan. Atau analoginya gini jika ada orang prancis dan orang sunda bertemu lalu mereka ingin bertukar informasi, akan tetapi masing-masing dari mereka hanya bisa berbicara menggunakan bahasa daerahnya masing-masing walaupun bahasa sunda dan prancis agak-agak mirip ( jangan protes y,,hehe ), maka apa yang akan mereka lakukan? Tentunya mungkin mereka akan mencari seseorang yang bisa mengerti kedua bahasa tersebut atau mencari seorang penerjemah sehingga informasi yang mereka sampaikan dapat diterima oleh kedua belah pihak. Protokol pun fungsinya sama seperti penerjemah tadi, jika komputer atau terminal-terminal lainnya ingin berhubungan dengan komputer atau terminal lain maka dibutuhkanlah suatu aturan-aturan dimana kedua belah pihak ( si pengirim dan penerima informasi ) akan saling mengerti satu sama lain yang tidak lain merupakan protokol itu sendiri sehingga data-data atau informasi yang diberikan dapat tersampaikan dengan baik antar terminal tersebut.

Ada gambaran dikit kan ? nah Protokol jaringan yang sering digunakan yaitu protokol TCP/IP (Transmission Control Protokol/ Internet Protokol ). Sesuai dengan namanya, TCP/IP biasa digunakan dalam jaringan internet. Selain itu ada juga protokol OSI ( Open System Interconnection ). kalau ngejelasin perbedaan protokol TCP/IP ama Protokol OSI kayanya panjang banget, tar aja ya sabar, hehe..