Smart Antenna

2 Komentar

Alhamdulilah gw bisa nulis lagi soalnya lagi liburan semester ni,,hehe..

Lama ga nulis gw pengen share dikit tentang Smart Antena, suatu objek yang baru-baru ini gw pelajari setelah gw masuk di research grup di kampus gw.Yok mari…

Yang membedakan dari antena konvensional biasa yaitu terletak pada kemampuan antena itu sendiri, kalo antena yang ada sekarang ini dia ngeluarin pola pancar atau sinyal secara omnidereksional artinya menyebar ke segala arah jadi misalnya kalo antena biasa tersebut di pasang di BTS, ketika dia memancarkan sinyal dia engga bakal tau jumlah user di suatu daerah tertentu sehingga penyampaian sinyal menjadi tidak efektif.

Smart antena seperti apa dong? hmm..kemampuan utamanya yaitu si antena ini punya kemampuan untuk mendeteksi keberadaan user,,,jadi ilustrasinya gini,,misal si smart antena ini di pasang di BTS, ketika dia mengirimkan sinyal maka dia akan mendeteksi dulu keberadaan si user di tiap-tiap sel atau wilayah ( jadi ga asal maen semprot sinyal aja,,hehe ), nah setelah dia selesai mendeteksi keberadaan user baru si antena ini akan mengirimkan sinyal. Di sini hebatnya smart antena, dia bakal membedakan banyak sedikitnya sinyal yang dia kirim berdasarkan jumlah user jadi misal di wilayah 1 ada 50 user sedangkan di wilayah 2 ada 100 user maka si antena tersebut bakal memancarkan sinyal lebih banyak ke wilayah 2..wow pantes di sebut “smart” .

Smart antena ini mempunyai kemampuan seperti di atas karena dia mempunyai “otak” seperti processor di dalam suatu komputer. Nantinya si processor tersebut bakal di tanamkan suatu algoritma, algoritma yang sering dipakai yaitu algoritma LMS dan RLS ( kalau ada kesempatan bkal gw bahas ). Smart antena ini sendiri dibedakan menjadi switch dan adaptive beam.

Nah kajiaan yang sekarang juga gw lagi pelajari yaitu butler matrix ( apaan tuh ?). jadi si butler matrix ini merupakan bagian dari sistem smart antena yang punya kemampuan untuk membelokan phasa. jadi ini yang menjadi alasan kenapa si smart antena ini juga punya kemampuan untuk mengikuti gerakan si user, jadi inget kalo dulu layar tv kita burem kita harus manjat dulu ke genting untuk membelok-belokan antena,,hha…dengan smart antena ini ntar si antennya sendiri yang bakal mencari posisi terbaik untuk mendapatkan sinyal terbaik pula.

Sebenarnya masih banyak kajian tentang smart antena ini,,tunggu postingan berikutnya ya ( semoga ad waktu hha)

Semoga bermanfaat..

Iklan

Teknologi Telekomunikasi

4 Komentar

Sebelumnya gw minta maaf karena harusnya pengertian teknologi telekomunikasi ini dijelasin lebih awal tapi engga apa-apa deh daripada engga sama sekali,,hihi..selamat membaca..

Telekomunikasi berasal dari dua kata yaitu kata “ tele “ dan “ komunikasi “, tele artinya jauh, sedangkan arti komunikasi adalah perpindahan informasi dari sumber ke penerima termasuk percakapan antar manusia dengan medium udara. Nah karena komunikasi adalah perpindahan informasi dari sumber informasi ke pihak penerima, maka tentunya akan berhubungan dengan hal-hal yang berkenaan dengan pengirimaan (sending), penerimaan (receiving) dan pemrosesan (processing) dari informasi menggunakan perangkat listrik. Jadi kalau kita gabungkan arti dari kata-kata telekomunikasi dengan teknologi itu sendiri dapat diartikan sebagai sebuah proses pengiriman, penerimaan dan pemrosesan informasi jarak jauh sampai ketujuan dengan menggunakan perangkat listrik tepatnya elektronik, sehingga kata telekomunikasi biasanya mengacu pada komunikasi elektronik jarak jauh. Lagi

Karakteristik Sistem Komunikasi Bergerak

Tinggalkan komentar

Di sini gw mau ngejelasin secara umum karakteristik dari Sistem Komunikasi Bergerak (selular). Karakteristik ini juga yang membedakan sistem konvensional dengan sistem selular.

1. Pengulangan frekuensi

Kalo dulu jamannya masih pake fixed telepon kita engga bisa pake frekuensi yang lagi digunain ama si pelanggan lain, jadi kita harus pake frekuensi yang berbeda, konsekuensinya apa dong ? jelas boros dalam penggunaan spektrum frekuensi itu sendiri. Nah kalo sekarang dengan teknologi seluler kita bisa pake frekuensi yang lagi digunain ama orang lain dalam waktu yang sama, wow ! tentunya dengan memperhatian syarat-syarat yang berlaku juga. Biar mempermudah liat gambar deh, ada bentuk 3 hexagonal gtu kan, itu merupakan wilayah-wilayah yang dibagi-bagi lagi kedalam wilayah-wilayah kecil yang terdiri dari BTS yang disebut sel. Trus ada tulisan sel 1, sel 2 ampe sel 7, itu sebenernya hanya penamaan aja jadi bisa kita ganti pake A, B, dan seterusnya. Gunanya buat apa ? jadi nanti setiap pelanggan yang berada di dalam sel 1 dapat menggunakan frekuensi yang sama dengan pelanggan lain yang juga berada di wilayah sel 1 dalam wilayah yang berbeda ( dalam 1 hexagonal yang lain ),  begitu juga pelanggan yang sedang berada di wilayah sel 2, sel 3 dan seterusnya. Lagi

Teknologi Jaringan WiMax

3 Komentar

Mungkin kita sudah engga asing lagi mendengar istilah WiFi, yaitu suatu teknologi jaringan internet tanpa kabel ( nirkabel ) yang biasa di pasang di area kampus, kafe-kafe , rumah makan atau tempat-tempat lain, atau kita lebih biasa medengarnya dengan istilah hotspot, WiFi ini hanya dapat menjangkau daerah sekitar 9 km. Teknologi berikutnya yang sedang dikembangkan yaitu WiMax yang disebut-sebut sebagai tahap pengembangan dari WiFi, seperti apa si  teknolgi WiMax tersebut? Yu mari.. Lagi